Pendekatan regional berarti mendekati suatu tanda-tanda atau suatu problem dari regional, wilayah tempat tanda-tanda atau problem tersebut tersebar. Tekanan utama pendekatannya bukan kepada topik atau program manusianya, melainkan kepada region yang merupakan tempat atau wadahnya. Jadi, wilayah dan ekologinya berdiri sendiri dalam satu ruangan.
Misalnya dalam melakukan studi ihwal problem kelaparan, kita mampu melakukan pendekatan regional ihwal tanda-tanda kelaparan tadi. Dalam hal ini meninjau kelaparan berdasarkan wilayahnya. Pertanyaan yang mampu dikemukakan, ialah di wilayah-wilayah mana saja kelaparan terjadi? Kita kesudahannya mampu mengungkapkan penyebaran tanda-tanda atau problem kelaparan di permukaan bumi.
Misalnya dalam melakukan studi ihwal problem kelaparan, kita mampu melakukan pendekatan regional ihwal tanda-tanda kelaparan tadi. Dalam hal ini meninjau kelaparan berdasarkan wilayahnya. Pertanyaan yang mampu dikemukakan, ialah di wilayah-wilayah mana saja kelaparan terjadi? Kita kesudahannya mampu mengungkapkan penyebaran tanda-tanda atau problem kelaparan di permukaan bumi.
Berdasarkan penyebarannya kita mampu pula mengungkapkan apa sebabnya kelaparan itu terjadi di region/wilayah yang bersangkutan. Selanjutnya kita mampu mengungkapkan interelasi dan interaksi tanda-tanda kelaparan itu dengan gejala-gejala yang lain pada region yang sama. Dalam hal ini berarti bahwa kita telah mengungkapkan interelasi dan interaksi keruangan tanda-tanda kelaparan dengan tanda-tanda atau faktor geografi lainnya, mirip faktor program penduduknya.
Selanjutnya, dari hasil pendekatan regional dengan didasarkan atas prinsip-prinsip geografi, kita akan mampu mengadakan deskripsi tanda-tanda atau problem kelaparan tadi pada region/wilayah yang bersangkutan.
Sumber : Geografi : untuk SMA/ MA Kelas X / penyusun, Dibyo Soegimo, Ruswanto; editor, Ayang Susatya, Sugeng Raharjo ; illustrator, Nashirudin. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.