Media Pembelajaran SD Sederhana dari Barang Bekas
Beberapa waktu yang kemudian anak saya Alifa kesulitan berguru ihwal materi jam (waktu). Saat ini ia sekolah di jenjang SD (sekolah dasar). Nah untuk mempermudah belajarnya, kami menciptakan media pembelajaran sederhana. Kebetulan di rumah ada bekas kotak sarung bapaknya. Ditambah beberapa materi penunjang lainnya dan peralatan sederhana, jadilah media pembelajaran untuk SD berupa model jam tersebut.
Untuk menambah minat anak terhadap media pembelajaran sederhana dari barang bekas ini, kita sanggup mengajak anak untuk membuatnya dengan bantuan. Karena mungkin untuk beberapa pekerjaan (langkah) mereka masih kesulitan atau berhaya tanpa pengawasan orang tua, apalagi pada belum dewasa yang masih sangat mudah. Diharapkan media pembelajaran ini sanggup benar-benar membantu mereka membaca jam berdasarkan jarum-jarum yang sanggup diputar-putar itu.
Nih lihat, bangganya Alifa mengatakan model jam yang dibuatnya.
|
Alifa dan media pembelajaran sederhana model jam dari barang bekas |
Alat dan Bahan
Adapun alat-alat dan bahan-bahan yang diharapkan untuk menciptakan media pembelajaran jam sederhana ibarat gambar yang ditunjukkan Alifa di atas ialah sebagai berikut:
Alat
Adapun alat-alat yang digunakan untuk menciptakan media pembelajaran jam sederhana ini adalah:
- gunting
- lem tembak
- cutter atau pisau
- spidol
- piring atau benda berbentuk bulat lainnya
Bahan
Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk menciptakan media pembelajaran jam sederhana ini adalah:
- Kotak bekas kemasan sarung
- Batang plastik lem tembak
- lem kertas
- Kertas karton berwarna
Cara Membuat Media Pembelajaran SD: Model Jam
- Ambil selembar kertas karton berwarna (Alifa memakai karton warna merah).
- Kita akan menjadikannya piringan jam.
- Gunakan piring dan spidol untuk menciptakan lingkaran, pastikan ukuran piring sesuai dengan ukuran kotak sarung yang digunakan (masuk di dalam kotak/diameternya sedikit lebih kecil dari panjang dan lebar kotak).
- Perhatikan gambar. Alifa sanggup melaksanakan langkah ini tanpa pertolongan orang dewasa.
|
menggunakan piring untuk mencetak contoh piringan jam |
- Hasilnya akan ibarat gambar di bawah ini. Tampak sebuah bulat (walaupun tak sempurna).
|
ini lingkarannya dengan contoh piring tadi |
- Langkah selanjutnya ialah menggunting bulat tersebut, yang akan menjadi piringan media pembelajaran jam ini.
|
menggunting contoh bulat untuk piringan jam |
- Jika lingkarannya sudah dipotong, langkah selanjutnya ialah menuliskan angka-angka pada piringan jam. Tetapi sebelumnya kita perlu membagi sama bulat itu menjadi 12 bab sehingga dikala anak menuliskan angka-angka 1 hingga 12 itu berada pada posisi relatif tepat.
- Caranya ialah dengan melipat-lipat bulat itu berdasarkan garis tengahnya. Perhatikan cara alifa melipat piringan karton untuk melaksanakan ini.
|
lipat piringan untuk memudahkan membagi piringan menjadi 12 titik |
- Selanjutnya berilah titik-titik kawasan nanti anak menuliskan angka 1 hingga 12 itu. Lihat gambar berikut. Acuannya ialah bekas lipatan-lipatan kertas. Ada 12 titik yang harus dibuat. Cara mudahnya, lipat beberapa kali supaya sanggup memilih titik dengan posisi yang cukup akurat.
|
menandai titik titik untuk angka jam dengan spidol |
- Berikutnya, kita harus menciptakan jarum panjang dan jarum pendek. Jarum panjang untuk penunjuk posisi menit, sedangkan jarum pendek untuk penunjuk posisi jam. Gunakan warna yang berbeda untuk karton yang dipakai. Alifa memakai warna kuning untuk jarum panjang, sedang untuk jarum pendeknya ia lebih suka memakai warna pink.
|
membuat jarum jam dari kertas karton berwarna |
- Bentuk jarum jamnya tidak usah terlalu rumit ya. Perhatikan gambar berikut. Alifa menciptakan bentuk jarum yang sangat sederhana.
- Jika sudah dibuat, cobalah mencocokkan panjang kedua jarum dengan piringan jam, potong jikalau terlalu panjang, contohnya kalau ujung jarum menutupi angka pada piringan jam nantinya.
|
mencoba-coba mencocokkan ukuran panjang jarum jarum jamnya |
- Langkah berikutnya ialah menciptakan lubang di tengah piringan jam. Caranya lipat kembali piringan jam sehingga tampak ibarat gambar berikut, kemudian potong bab yang runcing pada lipatan itu.
|
melubangi tengah piringan jam untuk menempatkkannya pada poros jam |
- Sekarang buka lipatan piringan. Lalu tulis dengan spidol angka-angka penunjuk jam dari 1 hingga 12. Hati-hati jangan hingga salah meletakkan angkanya. Ingat, angka 12 ada di posisi paling atas ya. Gunakan spidol untuk menuliskan angka ini pada piringan kertas.
|
menuliskan angka-angka pada piringan jam |
- Piringan jam, beserta kedua jarumnya sudah siap. Sekarang mengurus kotak bekas kemasan sarungnya.
- Pada kotak kita akan menciptakan poros jam. Gunakan batangan lem tembak ukuran kecil. Potong dengan cutter atau pisau, panjangnya sekitar 2,5 cm. Hati-hati dan bantu anak anda jikalau ingin melakukannya sendiri ibarat Alifa.
|
menyiapkan poros jam dari batangan plastik lem tembak |
- Berikutnya kita akan menempelkan batangan lem tembak tadi ke tengah-tengah kotak sarung untuk menjadi poros jam. Bantu anak melakukannya alasannya ialah di sini kita memakai lem tembak (hot glue gun) yang dipanaskan. Cairan lem yang meleleh dan ujung pistol lem sangat panas dan sanggup menciptakan luka bakar jikalau terkena kulit. Berhati-hatilah.
|
menempelkan poros jam pada kotak sarung |
- Nah, jikalau poros jam dari batangan lem tembak sudah dipasang kesannya akan tampak ibarat gambar berikut.
|
nah..ini ia poros jam nya, sudah melekat dan beridiri tegak di tengah tengah kotak |
- Langkah selanjutnya ialah menempelkan piringan jam media pembelajaran kita. Gunakan lem kertas pada bab belakang piringan yang telah dibentuk (pada bab yang tidak ditulisi angka). Berikan lem secukupnya pada pinggirin piringan dan beberapa bab tengah biar kertas ini nantinya benar-benar melekat dengan berpengaruh pada kotak sarung.
|
memberi lem pada belakang piringan jam untuk ditempelkan pada kotak sarung |
- Pasang piringan pada kotak. Posisikan sedemikian rupa sehingga angka 12 ada di bab yang akan menjadi bab atas media berguru jam ini. Perhatikan Alifa menempelkan piringan pada kotak sarung pada gambar berikut.
|
menempelkan piringan jam, awas ... angka 12 di atas ya |
- Berikutnya lubangi pangkal dari kertas-kertas yang akan difungsikan sebagai jarum panjang dan jarum pendek dengan gunting. Buatlah lubang yang sedikit lebih kecil dari diameter batangan lem tembak (poros jam).
- Masukkan kedua jarum jam ke porosnya ibarat gambar di bawah ini.
|
memasang jarum-jarum jam pada porosnya, dan jam siap digunakan untuk belajar |
Nah, jikalau sudah dipasang, maka media pembelajaran sederhana dari barang bekas berbentuk jam jam-an mainan ini sudah sanggup dipakai.
Tips Menggunakan
- Mulailah dengan mengajarkan jam pada posisi tepat pukul 1, pukul 2, dan seterusnya yang ditunjukkan dengan jarum panjang di angka 12.
- Lanjutkan dengan jam pada posisi lewat 30 menit.
- Barulah jikalau anak paham, sanggup dilanjutkan dengan mengajar mereka membaca jam pada posisi pukul berapapun.
Demikian cara menciptakan media pembelajaran untuk anak sekolah dasar (SD) berupa media berguru JAM dari kotak sarum bekas dan kertas karton berwarna.