Hal-hal yang Harus Dimiliki Seorang Guru Fasilitator
Menjadi guru yang bisa memfasilitasi pembelajaran bisa simpel bisa sukar. Tergantung guru itu sendiri. Ada beberapa hal yang harus dimiliki seorang guru untuk bisa berperan sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Dan dikatakan sukar, alasannya jikalau si guru tidak mempunyai kecakapan ini maka ia akan kesulitan untuk menjadi fasilitator. Bisa dikatakan mudah, alasannya bersama-sama kecakapan ini bisa dilatih sehingga menjadi tajam asal sungguh-sungguh, dan kadang memang guru-guru yang memang mendedikasikan dirinya untuk profesi sebagai guru telah mempunyai kecakapan-kecakapan ini sebagai talenta alam.
Beberapa Hal yang Harus Dimiliki Seorang Guru yang Mampu Berperan Sebagai Fasilitator
Berikut ini yakni beebrapa hal yang harus dimiliki guru untuk menjadi fasilitator yang baik:
kecakapan yang harus dimiliki guru fasilitator |
- Cakap Mendengarkan
- Cakap Mengamati
- Punya Empati
- Cakap Mendiagnosis
- Cakap Memotivasi
- Punya Pikiran Terbuka
- Mampu Menjadi Model
- Cakap Memanajemen
Baiklah, kini akan kita ulas satu per satu ya...
Guru Fasilitator itu Cakap Mendengarkan
Seorang guru fasilitator harus mempunyai kecakapan dalam mendengarkan semua bunyi yang terucap di dalam kelas ketika pembelajaran berlangsung. Semua bunyi itu mencermin proses mencar ilmu yang sedang terjadi pada akseptor didik. Maka dengan memahami proses mencar ilmu yang sedang terjadi pada akseptor didiknya, maka guru fasilitator sanggup menciptakan kelasnya hidup.Guru Fasilitator itu Cakap Mengamati
Sebagaimana kecakapan mendengarkan, kecakapan dalam mengamati semua yang terjadi baik berupa gerak-gerik, mimik, gesture atau hal-hal lain yang sedang berlangsung pada akseptor didik akan menciptakan seorang guru sanggup tetapkan apa langkah-langkah yang selanjutnya akan dilakukannya dalam mengelola pembelajaran. Memahami proses mencar ilmu sanggup dilakukan guru fasilitator melalui pengamatan terhadap siswa-siswinya secara langsung.Guru Fasilitator itu Punya Empati
Fasilitator yang baik harus mempunyai empati. Ia harus mempunyai kepekaan terhadap apa saja yang sedang berlangsung. Setiap pembelajaran yang baik selalu melibatkan emosi, dan tenggang rasa diharapkan untuk memahami bagaimana emosi akseptor didik ketika sedang mencar ilmu bersamanya.Guru Fasilitator itu Cakap Mendiagnosis
Beragam persoalan selalu muncul di dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang muncul bisa besar bisa pula kecil. Kemampuan guru untuk mendiagnosis dengan segera permasalahan akan membuatnya sanggup menangani permasalahan dengan cepat dan tepat.Guru Fasilitator itu Cakap Memotivasi
Tidak semua pembelajaran berjalan mulus. Kadangkala pembelajaran yang telah dirancang dengan sangat rapi dan mempertimbangkan bermacam-macam hal bisa saja menjadi pembelajaran yang cuek dan kurang menarik. Karena itu, kecakapan untuk memperlihatkan motivasi secara impulsif sangatlah dibutuhkan seorang guru yang ingin berperan sebagai fasilitator dalam pembelajarannya. Ia mempunyai cara-cara gres dan efektif untuk menciptakan proses pembelajaran menjadi hangat dan bersemangat.Guru Fasilitator itu Punya Pikiran Terbuka
Setiap guru yang ingin menjadi seorang fasilitator dalam pembelajaran harus mempunyai pikiran yang terbuka. Ia harus menjadi seorang yang open-minded. Ia terbuka terhadap hal-hal positip. Ia simpel menyesuaikan diri dengan suasana baru, bisa berkomunikasi dengan baik, tidak simpel tersinggung, simpel mendapatkan kritik dan saran meskipun tiba dari siswa sekalipun.Guru Fasilitator itu Mampu Menjadi Model
Seorang guru fasilitator itu harus bisa menjadi model bagi akseptor didiknya. Ia harus bisa menjadi role model seorang pembelajar. Ia sanggup menjadi model jikalau ia memang benar-benar seorang pembelajar. Guru fasilitator itu selalu rajin meng-update pengetahuannya. Ia suka berpikir kreatif, kritis dan inovatif. Guru fasilitator itu yakni model yang sanggup mendapatkan amanah bahwa ia selalu mau mencar ilmu dan menikmati belajarnya. Seorang guru tak akan berhasil membelajarkan akseptor didiknya jikalau ia sendiri tak pernah memperlihatkan sikap belajar.Guru Fasilitator itu Cakap Memanajemen
Untuk melakukan sebuah pembelajaran yang baik, seorang guru fasilitator harus mempunyai keterampilan dalam memanajemen beberapa hal, di antaranya sumber daya dan sumber warta yang akan dipakai di dalam kelasnya, memanajemen proses perancangan dan persiapan pembelajarannya, memanajemen proses pembelajaran di dalam kelasnya, sampai memanajemen penilaian pembelajarannya.Nah, itulah beberapa hal penting (kecakapan-kecakapan dan keterampilan serta sifat) yang harus dimiliki seorang guru yang ingin berperan sebagai fasilitator di dalam kelasnya. Wassalam.