Peran Guru dalam Pembelajaran Aktif
Pada goresan pena kali ini kita akan mengulas mengenai kiprah seorang guru dalam sebuah pembelajaran aktif, pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk selalu terlibat aktif dalam kegiatan belajar, baik secara fisik maupun secara mental. Adapun kiprah guru yang dimaksud adalah:
- Menyajikan konsep-konsep esensial (materi penting) dalam pembelajaran secara menarik
- Menstimulasi siswa atau akseptor didik untuk mengajukan duduk kasus dan pertanyaan
- Memberikan tugas-tugas berguru yang menantang
- Memberikan kesempatan kepada akseptor didik untuk saling berinteraksi
- Menyediakan dan memfasilitasi sumber-sumber pembelajaran yang beragam
- Memotivasi siswa untuk berguru secara aktif untuk memuaskan rasa ingin tahunya
- Menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi
- Melaksanakan administrasi kelas yang baik
- Melaksanakan penilaian pembelajaran
peran guru dalam pembelajaran aktif |
Berikut ini ialah ulasan wacana setiap peranan yang harus dilakukan oleh seorang guru dalam melakukan sebuah pembelajaran aktif:
Menyajikan konsep-konsep esensial (materi penting) dalam pembelajaran secara menarik
Pada setiap bahan pembelajaran selalu terdapat materi-materi atau konsep esensial yang harus dikuasai oleh siswa demi mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Untuk ini, selama pembelajaran guru harus sanggup menyajikan konsep-konsep dan bahan esensial tersebut dengan sahih. Tetapi perlu pula diingat bahwa menyajikan konsep esensial ini bukan berarti guru melulu memberikannya melalui ceramah. Justru ceramah harus dikurangi dan hanya dilakukan kalau diharapkan saja. Hal ini sanggup menyebabkan pembelajaran kembali ke cara-cara lama. Guru sanggup menyajikan konsep bukan secara langsung, tetapi melalui bermacam-macam kegiatan berguru yang mendukung terjadinya acara fisik dan mental sehingga siswa dengan bahagia hati mencari sendiri (menemukan sendiri) konsep-konsep esensial tersebut melalui sumber-sumber berguru yang disediakan.Menstimulasi siswa atau akseptor didik untuk mengajukan duduk kasus dan pertanyaan
Pada sebuah pembelajaran aktif, banyak pertanyaan siswa menjadi salah satu patokan apakah pembelajaran tersebut benar-benar sanggup dikatakan sebagai pembelajaran aktif. Pembelajaran aktif akan selalu menciptakan siswa terangsang untuk menanyakan sesuatu hal yang menarik perhatiannya, memunculkan rasa ingin tahunya. Pertanyaan-pertanyaan yang akseptor didik lontarkan menjadi indikasi adanya proses berpikir, proses berguru aktif secara mental dalam diri akseptor didik.Memberikan tugas-tugas berguru yang menantang
Pembelajaran aktif tidak terjadi begitu saja kalau guru tidak memfasilitasi akseptor didik dengan tugas-tugas berguru yang menantang dan mengasyikkan. Kepintaran guru dalam mengemas kiprah berguru yang akan dikerjakan siswa dalam pembelajarannya menjadi syarat mutlak yang harus dipenuhi. Jika tugas-tugas yang diberikan tidak menantang, tentu saja siswa akan mengerjakannya dengan perasaan ogah. Keterpaksaan akan menciptakan suasana berguru menjadi tidak menyenangkan bahkan sanggup menjadi beban. Ujung-ujungnya pembelajaran tidak akan berlangsung secara aktif.Memberikan kesempatan kepada akseptor didik untuk saling berinteraksi
Ciri lain pembelajaran aktif ialah adanya interaksi antar sesama siswa. Mereka perlu dan harus berinteraksi untuk membuatkan pertanyaan, menjelaskan dan memperlihatkan pemahaman kepada kawan-kawannya yang lain, dan memperlihatkan tanggapan terhadap pertanyaan atau tanggapan siswa lain. Guru pun juga harus terlibat dalam interaksi ini. Guru lebih berperan sebagai moderator seumpamanya dilakukan diskusi kelas. Adanya multiarah dalam interaksi siswa memperlihatkan semua anggota kelas aktif belajar.Menyediakan dan memfasilitasi sumber-sumber pembelajaran yang beragam
Agar guru tidak terjebak ke dalam contoh usang dalam mengajar dan pembelajaran aktif yang digelarnya sanggup sukses, maka guru harus menyediakan dan memfasilitasi bermacam-macam sumber berguru yang sanggup diakses oleh siswa. Sumber-sumber berguru yang bervariasi akan memperlihatkan keleluasaan kepada akseptor didik untuk menemukan dan mengumpulkan gosip yang mereka butuhkan berkaitan dengan bahan pelajaran dan tugas-tugas berguru yang diberikan. Guru harus mencatat hal ini dengan goresan pena tebal: bahwa ia bukanlah satu-satunya sumber berguru (sumber informasi) di kelasnya.Memotivasi siswa untuk berguru secara aktif untuk memuaskan rasa ingin tahunya
Beragam cara sanggup dilakukan oleh guru untuk memotivasi akseptor didik untuk berguru lebih giat. Pemberian motivasi (motivasi yang bersifat ekstrinsik) diharapkan untuk menumbuhkan motivasi intrinsik dari dalam diri siswa. Guru harus menguasi teknik-teknik dan cara-cara yang efektif untuk memperlihatkan motivasi dalam diri siswa.Menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi
Menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi sangat penting sebagai kiprah guru dalam melakukan pembelajaran aktif. Ada banyak metode pembelajaran aktif yang sanggup dipakai oleh guru. Karena itu, pada setiap (masing-masing) pembelajarannya, hendaknya guru selalu berusaha untuk menciptakan variasi-variasi yang kreatif demi menjaga motivasi berguru siswa dan menjamin sebetulnya pembelajaran yang dilaksanakannya benar-benar akan memperlihatkan kesempatan siswa untuk berguru secara aktif.Melaksanakan administrasi kelas yang baik
Pembelajaran aktif sanggup menjadi peristiwa bagi guru yang tidak arif memanajemen kelasnya ketika proses pembelajaran sedang berlangsung. Aturan-aturan yang disepakati bersama akan menciptakan kelas yang aktif benar-benar efektif dan bukan hanya ribut saja. Kegaduhan (dalam batas wajar) alasannya siswa aktif berkegiatan akan sanggup terbina dengan adanya administrasi kelas yang baik oleh guru.Melaksanakan penilaian pembelajaran
Setiap pembelajaran memang intinya haruslah selalu dievaluasi. Evaluasi diharapkan untuk melihat apakah semua yang dilakukan guru untuk menstimulasi terjadinya pembelajaran aktif sanggup berjalan secara efektif atau tidak. Evaluasi sanggup dipakai untuk memperbaiki pembelajaran selanjutnya (di lain waktu). Guru sanggup memperbaiki kekurangan-kekurangan yang masih ada dalam pelaksanaan pembelajaran. Selain itu penilaian tidak hanya bermakna penilaian proses bagaimana guru mengajar, tetapi juga pada aspek bagaimana siswa belajar, ketercapaian tujuan pembelajaran, penggunaan sumber daya dan sumber-sumber gosip untuk pembelajaran, dan sebagainya.Demikian beberapa kiprah guru dalam melakukan pembelajaran aktif. Semoga bermanfaat bagi Bapak dan Ibu Guru yang sedang mencoba mengaktifkan siswa di kelasnya untuk belajar. Wassalam.