Media pembelajaran mempunyai manfaat yang sangat penting guna memahamkan bahan yang bersifat fakta maupun abstrak. Pemilihan media pembelajaran sebaiknya memperhatikan kondisi kelas serta bahan beserta tujuan pembelajaran yang akan digunakan. Media pembelajaran sangat gampang dibuat, namun bergantung pada tingkat kreativitas guru yang mengajar.
Sudjana & Rivai (Arsyad, 2003:25) mengemukakan manfaat media pengajaran dalam proses berguru siswa, adalah :
- Pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga sanggup menumbuhkan motivasi belajar
- Bahan pengajaran akan lebih terang maknanya sehingga sanggup lebih dipahami oleh siswa dan memungkinkannya menguasai dan mencapai tujuan pengajaran
- Metode mengajar akan lebih bervariasi, tidak semata-mata komuniaksi mulut melalui penuturan kata-kata oleh guru, sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga, apalagi kalai guru mengajar pada setiap jam pelajaran
- Siswa sanggup lebih banyak melalukan keiatan berguru lantaran tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga acara lain menyerupai mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, memerankan, dan lain-lain.