Prinsip-prinsip menyeleksi bahan pembelajaran menyerupai dikemukakan oleh Aziz (1982) tersebut, selanjutnya diorganisasikan berdasarkan landasan dan prinsip-prinsip berikut.
Pertama, guru menentukan bab bahan yang selaras dengan tingkat intelektual siswa dan dengan alokasi waktu yang tersedia.
Kedua, guru memilah bahan ini ke dalam beberapa sekuens – tentu saja di antara sekuens tersebut perlu ada perhentian – dan pada final dari setiap sekuens hendaknya ada masa yang dimanfaatkan untuk mereviu sekuens sebelumnya.
Ketiga, hendaknya guru memvariasikan ilustrasi dan contoh, sehingga tampak terang keuniversilan dan kekokohan teori atau prinsip yang diajarkan.
Keempat, hendaknya guru memfokuskan diri pada point yang dianggap penting bagi siswa. Dia pun hendaknya beralih secara berangsur-angsur dari point yang satu ke point yang lain. Peralihan hanya dilakukan kalau siswa telah bisa mencerna point sebelumnya. Guru jangan hanya mementingkan klarifikasi aneka hakikat, tetapi perlu menggali hapalan dan ingatan para siswa.
Kelima, hendaknya guru menjelaskan korelasi antara point yang satu dengan point yang lain, sehingga dengan cara menyerupai itu bahan pembelajaran merupakan satu kesatuan yang utuh.
Keenam, perlu diperhatikan pelibatan siswa dalam acara pembelajaran pada setiap kesempatan yang ada, baik melalui cara bertanya atau diminta mengulangi atau menyebutkan bahan yang telah disampaikan. Hal ini bertujuan untuk memotivasi siswa supaya mengerahan upayanya dalam mencapai kebenaran dan supaya mereka tidak mengalami kebosanan.
Ketujuh, guru perlu memilah antara siswa yang cerdas dan yang normal, antara yang besar lengan berkuasa dan yang lemah. Demikian pula guru hendaknya mendistribusikan pertanyaan kepada seluruh siswanya secara proporsional, di samping berupaya membangkitkan siswa yang lemah.
Demikianlah, acara seleksi dan pengorganisasian bahan pembelajaran yang dikemukakan ‘Aziz (1982: 210-217).