Berikut ini pola PENELITIAN TINDAKAN KELAS [PTK] IPA SMP dengan judul “Peningkatan prestasi berguru fisika bahan gerak lurus gerak melalui taktik pembelajaran Quantum Teaching dengan media papan luncur pada siswa kelas VII- H SMPN 1 Baureno tahun pelajaran 2012 - 2013”
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khusunya fisika berkaitan dengan cara mencari tahu perihal alam secara sistematis, sehingga fisika bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses inovasi (Depdiknas, 2006 : 5). Pendidikan fisika di Sekolah Menengah Pertama dibutuhkan sanggup menjadi wahana bagi penerima didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan pada donasi pengalaman eksklusif untuk berbagi kompetensi biar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA fisika diarahkan untuk inkuiri dan berbuat sehingga sanggup membantu penerima didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam perihal alam sekitar.
Pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Baureno seharusnya mengaktifkan dan mendorong siswa untuk bekerja secara ilmiah, selama ini pembelajaran IPA di SMPN 1 Baureno lebih banyak memakai metode ceramah dan tanya jawab. Realitas memperlihatkan sebanyak 55 % nilai IPA di kelas VII H dari hasil ulangan harian kurang dari KKM Individu yang ditentukan sekolah yaitu sebesar 75. Sedangkan rata – rata nilai kelas yaitu 74,50. Ini memperlihatkan bahwa selama ini prestasi berguru siswa di kelas VII H dalam mata pelajaran IPA Fisika masih rendah. Hal ini disebabkan kurangnya motivasi dan antusiasme siswa dalam berguru fisika. Sehingga Perlu di terapkan suatu taktik pembelajaran inovatif yang sanggup menambah motivasi dan antusiasme siswa dalam berguru IPA.
Salah satu jenis strategi pembelajaran yang memperlihatkan kesempatan siswa secara aktif berpartisipasi dalam pembelajaran dan membuat suasana yang menyenangkan dalam berguru adalah Pembelajaran dengan menerapkan taktik Quantum Teaching. Dalam Quantum teaching, pembelajaran berusaha mengakomodir setiap talenta siswa atau sanggup menjangkau setiap siswa sehingga dibutuhkan siswa sanggup melibatkan seluruh emosinya dalam belajar.
Menurut Bobby De Porter dalam buku Quantum Teaching (dalam Ani , 2003:3) menjelaskan Quantum Teaching yaitu konsep yang menguraikan cara-cara gres dalam memudahkan proses berguru mengajar , lewat pemaduan unsur seni dan pencapaian-pencapaian yang terarah, apapun mata pelajaran yang diajarkan. Dengan menerapkan quantum teaching dalam pembelajaran IPA dibutuhkan sanggup lebih menggairahkan suasana pembelajaran sehingga siswa lebih termotivasi dalam berguru yang pada risikonya sanggup melejitkan prestasi belajar.
Berdasarkan uraian di atas maka penelitian ini mengambil judul :
“Peningkatan prestasi berguru fisika bahan gerak lurus gerak melalui taktik pembelajaran Quantum Teaching dengan media papan luncur pada siswa kelas VII- H SMPN 1 Baureno tahun pelajaran 2012 - 2013”
DOWNLOAD PENELITIAN TINDAKAN KELAS [PTK] IPA SMP