Dengan kata lain, kalau sekolah ingin sukses dalam menerapkan administrasi peningkatan mutu berbasis sekolah maka sejumlah karakteristik administrasi peniingkatan mutu berbasis sekolah, berdasarkan Depdiknas, sebagai berikut yang perlu di miliki antara lain :
1. Input Pendidikan
a) Memiliki kebijakan mutu
b) sumber daya tersedia dan siap
c) Memiliki impian prestasi yang tinggi
2. Proses
a) Efektifitas mencar ilmu mengajar tinggi
b) Kepemimpinan sekolah kuat
c) Pengelolaan yang efektif tenaga pendidikan
d) Sekolah memiiki budaya mutu
e) Sekolah mempunyai teamwork yang kompak, cerdas dan dinamis
f) Sekolah mempunyai kewenangan
g) Sekolah mempunyai keterbukaan (transparasi) manajemen
h) Sekolah mempunyai kemauan untuk berubah (psikologi dan fisik)
i) Sekolah mempunyai penilaian dan perbaikan secara berkkelanjutan
j) Sekolah responsive dan antipatif terhadap kebutuhan
k) Sekolah mempunyai akuntabilitas
l) Sekolah mempunyai sustainabilitas
3. Output
Output atau kinerja sekolah yaitu prestasi sekolah yang di hasilkan oleh proses sekolah, kinerja sekolah diukur dari kualitasnya, efektifitasnya, produktifitasnya, evisiensinya, inasinya, kualitas kehidupan kerjanya dan mora kerjanya.