Pembelajaran Sesuai Kebutuhan Siswa
NoveHasanah.Blogspot.Co.Id
Pembelajaran Bermakna (Meaningful Learning)
Seberapa penting bagi para pendidik untuk menyelenggarakan pembelajaran yang sesuai bagi kebutuhan siswanya? Jawabannya adalah, sangat penting! Memenuhi kebutuhan siswa melalui pembelajaran yang dilakukan oleh guru akan menciptakan pembelajaran itu menjadi sangat bermakna bagi siswa, Bermaknanya pembelajaran demikian disebabkan lantaran apa yang siswa pelajari sanggup dipergunakan di dalam kehidupan mereka, serta akan menciptakan siswa menjadi merasa nyaman dalam proses mencar ilmu mengajar yang dilakukan.Pembelajaran yang Sesuai Kebutuhan Siswa |
Sebuah kegiatan pembelajaran akan dirasakan keuntungannya oleh siswa kalau saja memakai pembelajaran yang memadukan konteks positif kehidupan siswa (pembelajar). Selain itu sebaiknya pembelajaran memakai pendekatan yang berpusat pada siswa dengan tidak memakai penyampaian tradisional/konvensional.
Penggunaan Pendekatan yang Berpusat pada Siswa (Student Centered Approach)
Pada suatu pembelajaran yang berpusat pada siswa, tampak ciri menonjol di mana siswa selalu aktif dalam kegiatan pembelajaran.Bagaimana melaksanakan pembelajaran menyerupai ini? Salah satu teknik yang sanggup dilakukan guru yaitu dengan menciptakan siswa memanajemen sendiri kegiatan belajarnya dengan sadar. Guru sanggup membantu dengan menanyakan kegiatan pembelajaran menyerupai apa yang mereka butuhkan, kemudian mengeceknya secara periodik. Hal ini harus dilakukan lantaran terkadang kebutuhan ketika ini bisa berbeda dengan kebutuhan di masa yang akan datang, atau kebutuhan siswa hari ini berbeda dengan kebutuhan mereka pada waktu yang lalu. Guru sanggup membantu dengan memahami bagaimana kondisi kehidupan siswa sehari-hari, kebutuhan-kebutuhan mereka, sampai tujuan pendidikan dan pembelajaran yang mereka ingin capai.
Salah satu teladan pembelajaran (misal mata pelajaran IPS-Ekonomi) yang sesuai kebutuhan dan kondisi real yaitu mengajak siswa melaksanakan penelitian sederhana mengenai harga-harga pada beberapa toko yang ada di kawasan mereka, untuk membandingkan jenis barang barang yang dijual, kelengkapan dan ketersediaannya, sampai toko mana yang memperlihatkan harga paling murah. Penelitian semacam ini tentu saja sangat bermakna dan bermanfaat bagi siswa lantaran pribadi berkait dengan kehidupan mereka sehari-hari dan sangat dibutuhkan.
Baca juga: Model Pembelajaran Aktif (Active Learning)
Keleluasaan Siswa dan Bimbingan Guru
Selanjutnya, dalam pelaksanaannya, siswa diberikan keleluasaan bagaimana cara melaksanakan penelitiannya, walaupun tentu saja masih diharapkan proteksi dalam bentuk layanan konsultasi dan koreksi dari guru pembimbing semoga penelitian yang dilakukan sanggup lebih akurat, efektif, dan efisien.Pemanfaatan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa ini sangatlah penting karena, pertama: Bukti-bukti penelitian yang dilakukan oleh para jago pendidikan memperlihatkan bahwa pendekatan ini benar-benar sukses pada banyak pembelajaran di banyak sekali institusi dan forum pendidikan; Kedua: pendekatan dengan pembelajaran yang berpusat kepada siswa ini menciptakan siswa sanggup dengan gampang menghubungkan pembelajaran di kelas dengan kehidupan mereka sehari-hari (real life situation). Tambahan, pendekatan berpusat kepada siswa ini ternyata juga secara positif membantu meningkatkan kemampuan/literasi siswa dan keterlibatan yang lebih mendalam dengan literasi dalam kehidupan mereka.
Baca Juga: Langkah Langkah Umum Pembelajaran Kurikulum 2013